PENYERAHAN DONASI PEDULI PALESTINA DARI LAZISNU PWNU & PCNU SE JAWA TENGAH


Penulis: Auliya Sakinah
26 Jan 2024
Bagikan:
By: Auliya Sakinah
26 Jan 2024
37 kali dilihat

Bagikan:

Untuk diketahui, Nahdlatul Ulama (NU) sebagai sebuah organisasi masyarakat Islam, sejak tahun 1937 berjuang untuk kemerdekaan bangsa Filistin, pascapendudukan Israel—tepatnya dua dekade setelah terjadi Deklarasi Balfour (1918) yang membuat orang-orang Yahudi sedunia ke tanah harapan atau tanah perjanjian, yang pada waktu itu sudah ditinggali bangsa Filistin (sumber: Tirto.id).

Pada Muktamar ke-13 NU di Menes, Banten (tahun 1938), NU kembali menegaskan dukungan atas kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sebagai sebuah bangsa yang merdeka.

Saat itu, NU menginstruksikan seluruh Nahdliyin untuk mengumpulkan sumbangan dana bagi yatim dan janda duafa di Palestina. Surat instruksi itu dimuat di Berita Nahdlatoel Oelama No.1 Tahun ke-8, Edisi 8 Ramadhan 1357 H atau 1 November 1938.

Hari ini, mari kita kembali bangun dan kuatkan solidaritas sebagai bangsa Indonesia, untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina yang menjadi korban atas konflik dengan Militer Israel.

Adapun dalam konteks bantuan saat ini, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun mengatakan bahwa akan ada akses bantuan makanan, listrik, dan pasokan air di seluruh Palestina. Namun ia belum menjawab pertanyaan mengenai jenis bantuan yang diharapkan dari Indonesia, dan menyatakan bahwa akan membahas hal tersebut lebih lanjut pada konferensi pers selanjutnya.

Ketua LAZISNU PBNU, Habib Ali Hasan Al Bahar mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan dunia untuk menyatukan solidaritas kemanusiaan dan membantu warga yang menjadi korban konflik di Gaza.

Bersama ini LAZISNU PCNU se Jawa Tengah menghimpun dana peduli palestina dari masyarakatnnya kemudian disalurkan melalui LAZISNU PWNU Jawa Tengah yang akan diserahkan melalui satu pintu yaitu LAZISNU PBNU.

Penulis: Auliya Sakinah
Tags: PALESTINA SOSIAL

Berita Lainnya

Mitra Nu Care-Lazisnu Kota Tegal
WhatsApp