PENYALURAN MODAL DAN ALAT USAHA UNTUK MUALAF


Penulis: Auliya Sakinah
26 Jan 2024
Bagikan:
By: Auliya Sakinah
26 Jan 2024
57 kali dilihat

Bagikan:

 Tujuan zakat tidak sekedar menyantuni orang miskin secara konsumtif, tetapi mempunyai tujuan yang lebih permanen yaitu mengentaskan kemiskinan. Pengelolaan distribusi zakat yang diterapkan di Indonesia terdapat dua macam kategori yaitu distribusi secara konsumtif dan produktif. Perkembangan metode distribusi zakat yang saat ini mengalami perkembangan pesat baik menjadi sebuah objek kajian ilmiah dan penerapannya di berbagai lembaga amil zakat yaitu metode pendayagunaan secara produktif. Zakat produktif adalah zakat yang diberikan kepada mustahik sebagai modal untuk menjalankan suatu kegiatan ekonomi dalam bentuk usaha, yaitu untuk mengembangkan tingkat ekonomi dan potensi produktifitas mustahik.  Pada tahun ini, NU Care-LAZISNU Kota tegal memulai Program Gerai Nusantara (GENTARA) sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat yang kurang mampu dan para mustahiq yang usahanya tengah terpuruk. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu para mustahiq lebih berdaya dan dapat mendapatkan pemasukan lebih baik dari sebelumnya. Untuk mewujudkan tujuan dari program ini, NU CARE-LAZISNU Kota Tegal memberikan bantuan berupa pendampingan pelatihan bisnis dan pemberian modal sesuai bisnis yang dijalankan oleh mustahiq.

Secara implementasi, strategi penyaluran secara khusus ditujukan untuk penanggulangan kemiskinan dilakukan melalui usaha pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif untuk para mualaf yang mana masing-masing mualaf akan diberikan bantuan berupa inventaris yang dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian.

Tidak hanya pemberian bantuan invetaris, tetapi NU Care-LAZISNU juga memberikan pelatihan keterampilan, pengawasan, dan evaluasi berkala agar bisnis para mualaf ini bisa berjalan dengan lancar. Program ini juga bisa digunakan sebagai sarana para pebisnis mualaf untuk komunitas agar dapat bertukar pikiran, ide, dan lain-lain dalam membentuk bisnis model.

Tujuan dari program ini adalah untuk membuat para penerimanya menghasilkan sesuatu secara terus-menerus dengan harta zakat yang telah diterima. Jika program ini berjalan lancar maka kemanfaatan zakat tentunya sangat besar. Banyak orang yang bisa mendapatkan bantuan modal dan menjadikan hidupnya lebih baik dan semoga bisa berubah dari yang sebelumnya mustahiq menjadi muzakki.

Maka bersama ini  NU CARE-LAZISNU Kota Tegal tasyarufkan program Zakat Produktif - Pemberdayaan Ekonomi dengan mendistribusikan Alat Usaha berupa Satu buah Gerobak Usaha beserta Modal kepada salah satu asnaf yakni Mualaf atas nama Evi Rosdiana. Semoga apa yang diterima beliau dapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan baik.

Sabtu (18/11/2023)

Penulis: Auliya Sakinah
Tags: UMKM

Berita Lainnya

Mitra Nu Care-Lazisnu Kota Tegal
WhatsApp