PELAKSANAAN NUSANTARA BERQURBAN OLEH LAZISNU PCNU KOTA TEGAL DI MWC NU MARGADANA


Penulis: Auliya Sakinah
25 Jan 2024
Bagikan:
By: Auliya Sakinah
25 Jan 2024
32 kali dilihat

Bagikan:

Hari Idul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan qurban.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34). ”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-qurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Dari dua terjemahan surat di atas, secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai ummatNya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Qurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rezki dan membagi rezki yang Allah berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang (dhuafa). Program Nusantara Berqurban (NUSAQU) yang memiliki tema “Qurban Membahagiakan” diinisiasi oleh NU Care - LAZISNU sebagai wadah bagi umat muslim yang ingin membagi kebahagiaan kepada saudara kita yang membutuhkan, baik itu fakir miskin, yatim, dhuafa, masyarakat kurang gizi, serta dengan kemanfaatan yang lebih luas.

Kegiatan program Nusantara Berqurban (NUSAQU) LAZISNU Kota Tegal ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 01 Juli 2023/ 12 Dzulhijjah 1444 H bertempat di 4 (empat) titik lokasi, salah satunya yakni MWC NU Margadana. 

Berikut laporan hewan qurban dan pendistribusian daging Qurban :

Jumlah hewan qurban : 2 Ekor sapi

Berat daging per bungkus : 5 ons

Total Pendistribusian : 530 bungkus

Rincian Pendistribusian :

  • Melalui MWC NU : 20 bungkus
  • Melalui Ranting NU : 140 bungkus (20 bungkus x 7 ranting)
  • Melalui Mudhohi :
  • 90 bungkus (70 bungkus HIK, 20 Bungkus mudhohi dari lazisnu)
  • 130 bungkus (mudhohi Bambang Irawan)
  • Melalui Banom : 40 bungkus (8 bungkus x 5 banom)
  • Masyarakat Sekitar : 80 bungkus
  • Panitia : 30 bungkus

Penulis: Auliya Sakinah
Tags: QURBAN

Berita Lainnya

Mitra Nu Care-Lazisnu Kota Tegal
WhatsApp